Home / Daerah

Rabu, 27 April 2022 - 15:16 WIB

Peningkatan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan suatu daerah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu pembangunan membutuhkan pendekatan yang tepat, guna menghasilkan pertumbuhan yang disertai pemerataan. Infrastruktur berperan penting dalam peningkatan investasi dan memperluas jangkauan partisipasi masyarakat, serta pemerataan hasil pembangunan. Kajian teori ekonomi pembangunan menjelaskan bahwa untuk menciptakan dan meningkatkan kegiatan ekonomi diperlukan sarana infrastruktur yang memadai. Infrastruktur juga merupakan segala sesuatu penunjang utama terselenggaranya suatu proses pembangunan suatu daerah. Dengan meningkatnya kebutuhan dalam pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang telah mengantar pemerintah Indonesia untuk menyediakan kerangka kerja yang lebih baik untuk menarik investasi dan partisipasi swasta di skala yang terukur dalam proyek infrastruktur.

Infrastruktur merupakan roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Dari alokasi pembiayaan publik dan swasta, infrastruktur dipandang sebagai lokomotif pembangunan nasional dan daerah. Infrastruktur juga berpengaruh penting bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia, antara lain dalam peningkatan nilai konsumsi, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan akses kepada lapangan kerja, serta peningkatan kemakmuran yang nyata. Sifat dan jenis infrastruktur yang diperlukan suatu daerah dipengaruhi oleh karakteristik alam dan pola persebaran penduduk yang khas pada daerah tersebut. Infrastruktur bukan hanya diperlukan untuk meningkatkan daya saing demi mendorong lebih banyak kegiatan investasi, produksi dan perdagangan, tetapi juga untuk mempercepat pemerataan pembangunan sehingga tingkat kemiskinan dan pengangguran dapat diturunkan. Selain itu, keberadaan infrastruktur juga sangat diperlukan agar proses pembangunan sumber daya manusia di suatu daerah dapat berjalan dengan baik. Proses pembangunan yang disertai dengan perkembangan teknologi yang cepat mengharuskan adanya pendekatan yang benar-benar tepat dalam program pengembangan SDM.

Baca Juga :  Pimpin Rapat Laporan Fisik Dan Keuangan Triwulan Ketiga, Bupati Inhil HM Wardan Pinta OPD Ikuti Aturan Kementerian

Jalan dan jembatan, sebagai suatu infrastruktur utama sektor transportasi darat, mempunyai peranan penting dalam mendukung terwujudnya peningkatan pembangunanekonomi. Fungsi utama jalan adalah mendukung kegiatan pembangunan sektor produksi dan jasa serta pengembangan wilayah, sehingga terwujud keselarasan pembagian dan kesesuaian pertumbuhan wilayah-wilayah regional, perkotaan, dan perdesaan yang diselenggarakan secara holistik, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, dan memberdayakan masyarakat.

Hubungan antara kinerja infrastruktur jalan dengan kinerja ekonomi merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Hal ini diperlukan untuk menjadi masukan bagi para pemangku kepentingan, untuk memprediksi arah dan besaran pertumbuhan ekonomi, Penyediaan infrastruktur jalan merupakan salah satu sektor infrastruktur yang perkembangannya paling pesat dibanding infrastruktur lain. Sebanyak 67% sistem logistik dunia menggunakan infrastruktur jalan, dan 91% perjalanan penumpang di dunia juga masih menggunakan infrastruktur jalan (Gibbons et al., 2019). Dengan komposisi tersebut, infra-struktur jalan merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan ekonomi. Dalam berbagai pendekatan empiris maupun teoritis dari berbagai studi, ketersediaan infrastruktur di suatu negara akan mendorong pertumbuhan ekonomi, investasi, dan kegiatan perdagangan domestik (Donobauer et al., 2014).

Baca Juga :  Pemerintah Daerah Dan DPRD Kabupaten Indragiri Hilir Setujui Perubahan APBD TA. 2022

Dalam beberapa akhir ini masyarakat kota tembilahan banyak mengeluhkan kondisi infrastruktur khususnya infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak dan banayaknya lobang-lobang saat ini dirasakan sangat mengganggu arus lalu lintas jika mereka ingin pergi bekerja atau beraktifitas keluar kecamatan. Kerusakan beberapa ruas jalan menyebabkan ketidak efisienan waktu dalam berkendara dan terganggunya distribusi barang dan jasa. Berdasarkan permasalahan yang muncul data di simpulkan bahwa kondisi infrastruktur Kabupaten Indragiri Hilir menunjukkan kurang memadai. Kondisi infrastruktur yang kurang memadai akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan, maka diperlukan kebijakan-kebijakan yang dapat mendorong agar infrastruktur dapat membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pemerintah Kota, daerah, kabupaten harus mampu membuat infrastruktur yang nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta manfaat dari peningkatan infrastruktur tersebut dapat juga dirasakan oleh masyarakat karena pertumbuhan ekonomi yang tinggi harus diimbangi dengan kesejahteraan masyarakat yang merata.

Kondisi Jembatan Penghubung Kecamatan Gaung Anak Serka dan Kecamatan Batang Tuaka

Kondisi Jembatan Penghubung Kecamatan Gaung Anak Serka dan Kecamatan Batang Tuaka

Kondisi Jalan di Kecamatan Reteh

Kondisi Jalan di Kecamatan Reteh

Penulis : Safrudin (Pengurus Cabang GP Ansor Inhil)

 

Share :

Baca Juga

Penggiat Kopi Liberika

Daerah

Penggiat Kopi Ini Ajak Pemuda Bersinergi Untuk Majukan Liberika

Daerah

Dandim 0314/Inhil Resmikan Kampung Pancasila di Kelurahan Sungai Salak

Daerah

Hadiri Pembukaan Festival Pacu Jalur 2022, Bupati Inhil HM Wardan Dukung Kuansing Jadi Wilayah KSPN

Daerah

Kuala Indragiri Kecamatan Kesembilan Fokus Bupati HM Wardan Dalam Penanganan Penurunan Angka Stunting

Daerah

Dandim 0314/Inhil Laksanakan Upacara Pengantaran Jenazah Kapten Inf Rondang Hutapea

Daerah

IKAMI SULSEL Tanjabbarat Resmi Lakukan Pelantikan Perdana

Daerah

Bupati HM Wardan Beri Tanggapan Terhadap Pandangan Umum Fraksi Atas Ranperda Tentang Perubahan APBD Inhil Tahun 2022

Daerah

BPN Tanjab Barat Tanggapi Sebanyak 482 Sertifikat Bidang Tanah Sudah Berjalan Terjadi Kendala Untuk Mencapai Target Tahun Ini.