Home / News

Jumat, 22 Oktober 2021 - 06:23 WIB

Menteri Agama : Arti Tema Hari Santri 2021

Tahtanews.com – Hari ini adalah Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021. Tema Hari Santri adalah informasi penting yang jangan kita lewatkan saat ini. Indonesia memperingati Hari Santri 2021.

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis tema Hari Santri 2021 hingga makna logonya sejak Selasa (21/9) yang lalu. Ada makna dan filosofi mendalam di perayaan Hari Santri 2021.

“Terus terang saat membuat tema ini, saya tungguin langsung, Pak Menko. Diskusinya pun sampai tengah malam. Ternyata alhamdulillah, tema dan logo untuk Hari Santri ini filosofinya bagus sekali,” kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, dilansir dari situs resmi Kemenag, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga :  Hari Raya Qurban! Antusias Warga Setelah 40 Tahun.

Apa tema Hari Santri 2021? apa makna di baliknya? berikut ulasannya.

Tema Hari Santri 2021: Santri Siaga Jiwa dan Raga

Kemenag merilis tema Hari Santri 2021, Santri Siaga Jiwa dan Raga. Adapun tema ini diusung sebagai wujud pernyataan sikap para santri untuk terus siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Makna Siaga Jiwa Raga dipilih sebagai bentuk tekad seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

Adapun Siaga Jiwa bermakna bahwa para santri tak lepas terus menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Dengan demikian, para santri diharapkan dapat mencegah celah ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

Baca Juga :  Buron Terpidana Kasus Korupsi Ditangkap Kejari Inhil

Sementara, Siaga Raga diartikan bahwa badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia.

“Jadi, Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, di mana santri tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Doa) demi kepentingan bersama,” kata Menag.

Sumber : detiknews.com

Share :

Baca Juga

Daerah

Osis MTs Sabilal Muhtadin Peringati Sumpah Pemuda

News

Pasar Parit 4 Sungai Saren Kembali Beroperasi

News

All about No- best online casino in new zealand deposit Bonuses

Daerah

Bupati Inhil Resmi Membuka Acara Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)

Daerah

Implementasikan Perda Prov. Riau No 4 Tahun 2020, Polres Inhil Razia Pelanggar Protokol Kesehatan

Daerah

Ziarah Kubur Dilarang-Mal Dibuka, Ini Kata Wagub Jakarta

Daerah

Silaturahmi Tiga Pilar PDI Perjuangan

Daerah

Wabup H Syamsuddin Uti Pimpin Rapat Laporan Fisik Dan Keuangan APBD Th 2022 Periode April