Home / News

Jumat, 5 November 2021 - 05:33 WIB

Kampung Inggris Pare Dijadikan Eduwisata, Bupati Kediri Akan Gelontorkan Dana Rp41 Milyar

Tahtanews.com – Kampung Inggris Pare, Kediri Jawa Timur dijadikan sebagai eduwisata agar pengunjung merasa lebih nyaman.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Pihaknya sedang menyiapkan rencana penataan lokasi Kampung Inggris, di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, sebagai lokasi eduwisata.

 

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan kawasan Kampung Inggris ini mempunyai potensi besar, sehingga menarik dijadikan sebagai lokasi eduwisata.

 

“Kami buat eduwisata disana. Kami mulai dari tata kotanya dengan Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh),” katanya di Kediri, Kamis (4/11).

 

Ia mengatakan, langkah awal dengan Program Kotaku tersebut akan dimulai 2022 dengan menggelontorkan dana kurang lebih Rp41 miliar.

 

Pembangunan infrastruktur untuk penanganan kawasan kumuh khususnya di Kampung Inggris berupa pembangunan drainase untuk mencegah terjadinya banjir, perbaikan jalan lingkungan berupa pavingisasi untuk mempermudah akses masyarakat, serta beautyfikasi.

Baca Juga :  Simpang Siur Surat Persetujuan Perpusnas Terkait Gedung Perpustakaan Daerah

 

Selain perbaikan jalan dan pembangunan jalan, akan dilakukan beautyfikasi atau perbaikan wajah lingkungan, pembangunan proteksi kebakaran seperti pembuatan pompa hidran dan pos apar, serta pembangunan sanitasi. Juga akan dibangun ruang terbuka hijau, sehingga lingkungan menjadi lebih segar.

 

Pihaknya juga akan membuat Kampung Inggris ini menjadi “hub” pariwisata di Kabupaten Kediri, sehingga warga dari luar daerah pun bisa berkunjung langsung ke lokasi tersebut. Terlebih lagi, pembangunan bandara di Kabupaten Kediri sudah dalam proses.

 

Lokasi Kampung Inggris, di Kecamatan Pare ini merupakan salah satu lokasi rujukan bagi yang ingin belajar Bahasa Inggris. Mereka yang belajar di lokasi itu bukan hanya dari Kediri, melainkan berbagai daerah di Indonesia.

 

“Nantinya kami akan buat orang yang datang dari bandara singgah dan nyaman di Kampung Inggris Pare,” kata Mas Bup, sapaan akrabnya.

Baca Juga :  ATM Bank BUMN Diduga Menjadi Alat Kampanye Terselubung, DPP GMNI Kritik Erick Thohir

 

Kampung Inggris juga sebagai salah satu kawasan ekonomi khusus, sehingga pembangunan infrastruktur di Kampung Inggris menjadi prioritas Bupati. Perbaikan dilakukan secara bertahap di wilayah ini, sehingga harapannya di 2022 wilayah Kampung Inggris layak huni dan nol persen kawasan kumuh.

 

Rencana penataan dan akan dijadikannya Kampung Inggris di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri sebagai lokasi eduwisata tersebut disambut baik oleh warga. Salah satunya Adam Gustomy (26).

Adam mengatakan potensi kawasan Kampung Inggris tersebut sangat besar. Kawasan ini sangat bagus dalam aspek pendidikan untuk masyarakat.

 

“Kampung Inggris bagus dari segi pendidikan. Khusus warga Jawa Timur masih minim yg bisa Bahasa Inggris,” kata dia.

 

Adam juga berharap eduwisata di Kampung Inggris ini segera dijalankan karena banyak wisatawan manca yang berkunjung di kawasan tersebut.

 

Sumber : gesuri.id

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Inhil HM Wardan Ikuti Rakor Pasca Kebijakan Larangan Ekspor CPO Bersama Gubri

Daerah

Kapolres Inhil Hadiri Buka Puasa Bersama IWO dan Santunan Yatim serta Mustahik

Daerah

Bupati Inhil HM Wardan Bersama Ketua GSH Inhil Hj.Zulaikhah Jenguk Balita Gizi Kurang Di RSUD Arifin Achmad

Daerah

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Inhil Hadiri RAT

Daerah

Wabub Inhil Berpesan Kepada CJH Saat Membuka Bimbingan Manasik Haji

Daerah

Semarak HUT RI Ke-77 Tahun, Pemkab Inhil Turut Sukseskan Program Bagi 10 Juta Bendera Merah Putih
Narkoba

News

COKI PARDEDE DITANGKAP KARENA NARKOBA

Daerah

Plt Kadis PMD Tanggapi Soal Penjualan Speed Boat Yang Dilakukan Oleh Mantan Kades Teluk Pulai Raya