Home / Daerah / News

Senin, 28 Maret 2022 - 09:56 WIB

Curahan Hati Seorang Penjaga Mangrove

Tahtanews.com- Seorang warga Desa Tungkal 1 (Pangkal Babu) Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbarat). Lamin yang berprofesi Nelayan, diberi tanggung jawab oleh Dinas Perikanan Tanjabbarat sebagai penjaga tanaman pohon Mangrove Pangkal Babu.

Lamin yang akrab disapa Pak Lamin saat dikonfirmasi dengan awak media, Pak Lamin memperlihatkan SK Dinas Perikanan dan Kelautan Nomor: 523.5/63/DPK/2015 dan Nomor: 65 Tahun 2021. Minggu, 27/03/22.

Pak Lamin mengaku kecewa dengan honornya setiap bulan dengan apa yang Ia kerjakan sejak Tahun 2015 sampai Tahun 2021 lalu tidak sebanding sebagai penjaga Mangrove. Sampai Tahun 2022 ini masih belum mendapatkan fasilitas bahkan tidak mendapatkan lagi honor dari Dinas Perikanan dengan alasan APBD untuk Tahun ini devisit karena efek Pandemi Covid -19.

Baca Juga :  Tidak Adanya Pembangunan Kantin Desa Teluk Pulai Raya, Masyarakat Mengaku Kecewa

“Biasanya honor yang saya terima sebesar Dua Ratus Tujuh Puluh Ribu Rupiah setiap bulannya sampai di Tahun 2021 lalu. Akan tetapi, untuk Tahun ini tidak mendapatkan honor katanya Anggaran Kabupaten tidak ada karena anggarannya dialihkan ke Covid-19”, Ungkapnya.

Ia mengatakan, padahal kawasan mangrove yang harus dijaga kurang lebih sebanyak 12 Kilometer dari pesisir Pangkal Babu sampai ke Perbatasan Kabupaten Tanjabbarat dan Tanjab Timur.

“Kawasan mangrove yang di pantau, sekitar 100 meter dari kuala, sampailah ke Kuala Betara, sampailah ke Parit 6 Pangkal Duri”, kata Pak Lamin.

Baca Juga :  Ketua Repdem : Kita Wujudkan Kemenangan Hattrick PDI Perjuangan

“Diperkirakan luas kawasan Mangrove itu, kalau dari Kuala Pesisir ke Kuala Betara sekitar 4 Kilometer, kalau dari Kuala Pesisir ke Roro 8 Kilo”, sambungnya.

Pak Lamin berharap selain diberikan honor yang layak atas jasa penjagaan tanaman Mangrove, Ia juga berharap secepatnya mendapatkan fasilitas berupa pengadaan alat untuk mempermudah dalam menjaga tanaman Mangrove tersebut.

“Harapannya untuk menaikkan kembali penjagaan ini, gajih tu sekurang kurangnya Lima Ratus Ribu perbulan, kemudian Alat kendaraan laut untuk mempermudah kami”, harapnya.

Share :

Baca Juga

News

Turnamen Futsal IWO Riau Cup 2021, Kapolda Riau Buka Secara Resmi

Daerah

Wakili Provinsi Riau Terapkan PHBS, Bupati Inhil HM Wardan Ajak Masyarakat Desa Sungai Gantang Dukung Prilaku Hidup Sehat

News

Ganjar Pranowo Menjadi Penyiar Radio

News

Kepala Desa Harus Merangkul Semua Kalangan Masyarakat

Daerah

Wabup Inhil H. Syamsuddin Uti Bertindak Selaku Pembina Apel Gabungan Hari Jadi Provinsi Riau Ke-65

Daerah

Sekda Inhil Hadiri Pembukaan Magang dan Praktik Lapangan Praja IPDN

News

Aditya Ramadhan Terpilih Jadi Formatur HMI Komisariat Ekonomi UNISI

Daerah

Bupati Inhil HM Wardan Beri Santunan 40 Juta Kepada Keluarga Korban Laka Laut