Home / Daerah / News

Senin, 28 November 2022 - 20:30 WIB

Buka Bimtek Bagi Penyuluh Dan Petani, Bupati Inhil HM Wardan Harapkan Adanya Peningkatan SDM Dan Hasil Pangan

Tembilahan Inhil,- Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs. H. Muhammad Wardan, MP membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Penyuluh dan Petani Kabupaten Inhil disalah satu Hotel yang ada di Tembilahan, Senin (28/11/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DPTPHP) Kabupaten Inhil ini diikuti oleh 100 orang peserta terdiri dari penyuluh berjumlah 43 orang dan petani sebanyak 57 orang dari 20 Kecamatan se Kabupaten Inhil.

Kadis PTPHP Inhil H. Fajar Husin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar para peserta mampu menggali ilmu yang diberikan pemateri untuk diterapkan sehingga produksi padi di Inhil dapat meningkat sesuai yang diharapkan Bupati.

Baca Juga :  Rencana Penimbunan Jalan Oleh Pemprov, DPRD Prov Jambi Dukung Penuh

Sementara itu, Bupati H. Muhammad Wardan dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Indragiri Hilir adalah merupakan wilayah yang dikenal sebagai lumbung pangan di Provinsi Riau.

Dikatakannya, pada tahun 2021, jumlah produksi padi di Kabupaten Inhil adalah 65.755,10 ton dengan produktivitas 4,2 Ton/Ha. Jumlah produksi beras sebanyak  37.737,13 ton dengan jumlah konsumsi beras masyarakat adalah sebanyak 65.287,17 ton.

Hal ini berarti bahwa terdapat kekurangan beras sebanyak 27.550,04 ton yang harus dipenuhi dari luar Kabupaten Inhil. Angka konsumsi beras yang tinggi tidak berbanding lurus dengan angka produksi padi sehingga pada akhirnya dapat berpengaruh terhadap ketahanan pangan daerah.

Dijelaskan Bupati, untuk menyikapi hal tersebut maka Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas PTPHP perlu mengambil langkah-langkah strategis agar pemenuhan kebutuhan pangan daerah khususnya beras tetap terjaga dan tercukupi dengan baik.

Baca Juga :  Bupati Instruksikan Kepada Tim Verifikator Untuk Dapat Mengumumkan Tahapan Pemilu 2024 Sampai Kepelosok Desa

“Untuk itu saya mengharapkan Dinas PTPHP Kabupaten Inhil mesti serius dalam menghadapi kondisi tersebut, sehingga program-program kegiatan mesti difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia penyuluh dan petani  penggunaan benih unggul bermutu, pengendalian OPT secara terpadu untuk keberlangsungan produksi tanaman pangan dalam rangka mendukung ketersediaan pangan daerah,” tutup Bupati.

Dalam kesempatan juga dilaksanakan peresmian lumbung pangan masyarakat Gapoktan Rahmat desa kayu raja kecamatan keritang dan penyerahan gabah 8 ton ke Gapoktan Rahmat Desa Kayu Raja Kecamatan Keritang.

Share :

Baca Juga

Daerah

Kodim 0314/Inhil : Vaksinasi Dosis Ke-2 Untuk Santri Sabilal Muhtadin Selesai

Daerah

PLTU Tembilahan Adakan Seminar Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Daerah

Wabup Inhil H. Syamsuddin Uti: Pahlawan Jadikan Inspirasi Dan Perkuat Persatuan, Kesatuan Bangsa

Daerah

Bupati Inhil Serahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah kepada BPK

Daerah

HUT Tagana Ke-18, Bupati Inhil HM Wardan Harapkan Satgas Tagana Cepat, Tanggap, Terdepan Tangani Bencana

News

The Importance of Board Meeting Or so minutes

News

The new https://vegasplus-casino.org/ Cutesy Cooking area

Daerah

Bupati Inhil HM Wardan Membuka Pelatihan SISKEUDES Versi 2.0.4