Home / News

Kamis, 21 Oktober 2021 - 09:41 WIB

Berbahaya! Ini 5 Jenis Jerawat Yang Harus Kalian Ketahui

Tahtanews.com – Permasalahan Kulit pada remaja begitu banyak, terlebih pada kulit wajah. Jerawat adalah musuh terbesar nya. Memasuki usia remaja, kelenjar minyak berlebih mulai aktif dalam tubuh remaja. Kondisi itu bisa menyebabkan sumbatan di pori-pori kulit.

Seiring waktu, sumbatan dapat terjadi juga karena kotoran dan debu menumpuk, terutama ketika remaja tersebut malas membersihkan wajahnya, sering memegang-megang jerawat saat tangan kotor, atau menggunakan pembersih yang kurang sesuai dengan tipe kulitnya.

Selain di wajah, jerawat bisa juga timbul di area punggung, dada, bahkan lengan atas. Karena itu, penting bagi remaja untuk membersihkan kulitnya secara teratur.

Dilansir dari suara.com yang Dikutip dari situs Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski), berikut lima jenis jerawat yang biasa muncul pada remaja.

Baca Juga :  Bupati Inhil Membuka Pelatihan Sipades Versi 2.0 Berbasis Online

1. Komedo Blackhead

Komedo sebenarnya termasuk dalam kategori jerawat. Bahkan menjadi cikal bakal jerawat yang lebih besar, dalam, dan meradang. Komedo merupakan sumbatan di pori atau folikel yang timbul pada permukaan kulit dan bukan disebabkan oleh infeksi.

Biasanya bakteri, sel kulit mati, dan keratin menyumbat pori-pori kulit. Paduan materi tersebut akan mengalami oksidasi karena terkena udara lalu warnanya pun menjadi kehitaman.

2. Komedo Whitehead

Untuk kategori jerawat yang satu ini sebenarnya merupakan folikel tersumbat dan tertutup oleh lapisan tipis kulit yang muncul sebagai bintik putih.

3. Papula

Papula merupakan lesi atau jerawat yang berbentuk benjolan merah. Bila meradang bisa terasa nyeri walau tidak disentuh. Komedo yang tidak segera diatasi dapat membentuk papula. Jika tidak ditangani, papula dapat memburuk dan berubah menjadi pustula.

Baca Juga :  Pesan Politik Dalam SICITA, Samino: Jangan Hanya Pertemuan Elit

4. Pustula

Pustula merupakan akibat dari adanya nanah di jerawat yang meradang. Benjolan jerawat umumnya berisi nanah warna putih atau kekuningan. Jika dipencet atau dipecahkan, besar kemungkinan akan menyebabkan luka atau scar.

5. Nodul dan Kista

Kategori ini merupakan jerawat yang sudah parah dan terletak lebih dalam di bawah kulit. Jika sudah menjadi kista, umumnya benjolan meradang dan dipenuhi nanah. Sebagian besar merasakan sakit dan kondisi ini sangat mungkin memerlukan tindakan medis segera oleh dokter spesialis kulit.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Peni Sepian Nahkodai KNPI Tanjabbarat: Ketum Ikami Sulsel Beri Ucapan Selamat

Daerah

Kecelakaan Speedboat Air Tawar Dan Pompong, 3 Orang Meninggal Dunia

News

Polda Riau Musnahkan 86 KG Lebih Sabu

Daerah

Hadiri HUT Kelurahan Kempas Jaya Ke-46 Th 2022, H.Syamsudin Uti Serahkan Satu Unit Ambulance

Daerah

Kapolres Inhil Pimpin Upacara Tabur Bunga, HUT Korps Polairud Ke-71

Daerah

Implementasikan Perda Prov. Riau No 4 Tahun 2020, Polres Inhil Razia Pelanggar Protokol Kesehatan

Daerah

Sambut Dispersip Riau, Wabup Siap Dukung Program Pembinaan Perpustakaan dan Pengelolaan Kearsipan

Daerah

Polres Inhil Bagikan Sembako untuk Panti Asuhan Puri Kasih Tembilahan