Home / Daerah / News

Senin, 28 Juni 2021 - 21:31 WIB

Abrasi (Longsor) Parit Deli, Kelurahan Betara Kiri

Tahtanews.com –  Abrasi merupakan suatu fenomena pengikisan (erosi) pantai secara alamiah akibat dari arus pasang dan surut air laut atau gelombang air laut yang bersifat merusak. Kerusakan yang terjadi yang di akibatkan oleh bencana alam  Abrasi kebanyakan hanya tertuju untuk wilayah pesisir atau pantai.

Karena bencana alam Abrasi ini terjadi untuk wilayah pantai atau pesisir, baru-baru ini telah terjadi bencana alam Abrasi. Lebih tepatnya pada wilayah Pasar Parit Deli, Kelurahan Betara Kiri Kecamatan Kuala Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat). Bencana alam Abrasi terjadi karena letak daerah Parit Deli lebih dekat pada wiayah geografis tanah aluvial (lumpur).

Pada hari Senin, (28/6/21) bencana alam Abrasi yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, melibas rumah Warga Pasar Parit Deli Kelurahan Betara Kiri RT. 01 Kecamatan Kuala Betara.

Baca Juga :  Nelayan Kelurahan Betara Kiri Tidak Ke Laut, Ini Alasannya

Satria (22) pemuda setempat mengatakan, bencana alam menghabiskan 10 rumah warga. 8 rumah mengalami rusak  berat dan 2 rumah mengalami kerusakan ringan akibat bencana alam yang terjadi.

“Kejadian ini berlangsung kira-kira kurang lebih pukul 14 lewat, kami sangat terkejut akan kejadian yang menimpa kami. segera bergegas ke jalan untuk menyelamatkan diri masing-masing dari longsor,” ungkap Satria

Ia mengatakan, ada 10 rumah yang terkena dampak Abrosi yang berada pada wilayah Rt 01 Kelurahan Betara Kiri yaitu:

“Adapun kondisi rumah rusak berat yang tekena dampak yaitu, Zukufli, M Ghazali, Arifin, Hadri, Zainal Arifin, A.Barkati, Fatimah dan Herman. Sedangkan kondisi rumah rusak ringan yaitu: Samsiah dan Yanto,” kata Satria

Selanjutnya Ia mengakui bahwa, letak rumah warga di Rt 01 ini memang berada pada tepi sungai betara dengan itu. Ia menanggapi bencana alam ini dengan penuh kesabaran.

Baca Juga :  BANSER Turut Mengamankan MTQ Ke-50 Provinsi Jambi

“Kita hanya bisa bersabar atas musibah yang menimpa kita, karena ini adalah bagian dari skenario yang tuhan berikan kepada kita hambanya agar tetap bersabar terhadap bencana ini,” tanggap Satria

 

Apresiasi Warga  Parit Deli Terhadap Kepedulian Pemeritah Daerah Kab. Tanjab Barat.

Satria sangat berterimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah memberikan bantuan berupa Selimut, Paket Keluarga, Beras, Obat- Obatan dan Matras.

“Saya mewakili warga Parit Deli mengucapkan ribuan terimakasih karena telah memberikan bantuan kepada kami tentu dengan bantuan ini sangat membantu meringankan beban kami,” ungkap Satria.

Kemudian Ia berharap, dengan bencana alam yang menimpa warga Rt 01 Parit Deli, sebagai teguran kepada kita semua. Agar kedepan, kita lebih meningkatkan nilai hubungan kita kepada Allah SWT, serta melatih kesabaran kita.

Share :

Baca Juga

Penggiat Kopi Liberika

Daerah

Penggiat Kopi Ini Ajak Pemuda Bersinergi Untuk Majukan Liberika

Daerah

KODIM 0314/INHIL SUKSES LAKSANAKAN VAKSIN DI PONPES SABILAL MUHTADIN

Daerah

Hadiri Pembukaan Festival Pacu Jalur 2022, Bupati Inhil HM Wardan Dukung Kuansing Jadi Wilayah KSPN

Daerah

Ketua KNPI Terpilih Menyambangi Bupati Tanjab Barat Untuk Segera Lakukan Pelantikan

Daerah

GKRM Minta Draf Peraturan Terkait Parkir di Indragiri Hilir

Daerah

Bupati Inhil HM Wardan Melepas Keberangkatan 82 Jamaah Umrah PT.MMW
Hari Raya

News

Hari Raya Qurban! Antusias Warga Setelah 40 Tahun.

Daerah

Camat Gaung Ajak Warga Menggunakan Hak Pilih Sesuai Hati Nurani