Banser Riau Siap kawal Kyai

Tahtanews.com – Sebagaimana informasi yang beredar di media sosial bahwa besok, Jumat (19/11) akan dilaksanakan Konferensi Wilayah Nahdlatul Ulama (Konferwil NU) Provinsi Riau. Terkait hal tersebut, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Riau sebagai salah satu Badan Otonom (Banom) NU menyatakan akan mengerahkan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk mengawal acara dimaksud.

 

“Ini semata-mata sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk menjaga, mengawal dan memastikan keselamatan para Kiai yang insya Allah besok akan hadir didalam acara tersebut. Langkah yang diambil oleh Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Riau ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab moral dan komitmen kami untuk mengawal para Kiai kami pada saat Konferwil,” ungkap Wakil Ketua PW GP Ansor Riau, Taufiqul Ulum, Kamis (18/11) malam.

 

Taufiqul Ulum menegaskan GP Ansor Riau akan memastikan bahwa para Kiai dan para Ketua PCNU yang hadir pada acara Konferwil tersebut merasa nyaman, merasa aman dan terbebas dari intimidasi dari pihak-pihak manapun. “Kita ingin suasana Konferwil NU yang aman, nyaman dan kondusif di Riau ini,” tegas Ulum.

 

Kendati demikian, Ulum menyebutkan bahwa hingga detik ini belum ada kejelasan yang pasti dari pihak panitia terkait kegiatan tersebut.

“Ini yang membuat kami merasa bingung sekaligus heran, sampai detik ini tidak ada informasi. Padahal ini hajatan besar bagi NU Riau, sebab Konferensi Wilayah NU ini adalah forum tertinggi ditingkat provinsi. Maka seyogyanya Tim karteker dari PBNU dan panitia lokal semestinya berkoordinasi dengan Banom-banom yang ada,” ungkapnya.

 

“Baru kemudian bersama-sama melakukan upaya-upaya persiapan yang melibatkan seluruh Banom terutama Ansor dan Banser sehingga Ansor dan Banser bisa memastikan berapa jumlah personil yang akan menjaga, mengawal dan mengamankan acara tersebut, tapi sampai sekarang ternyata tidak ada. Meskipun demikian sebagai tanggung jawab moral maka Ansor memastikan akan mempersiapkan pasukannya yaitu Banser untuk menjaga acara Konferwil yang katanya akan dilaksanakan besok,” imbuhnya.

Baca Juga :  Menteri Agama : Kemenag adalah Hadiah Untuk NU

 

Ulum juga menyebutkan bahwa kemarin Ketua PW Ansor Riau selaku panglima tertinggi Banser di Riau sudah memanggil Kasatkorwilnya sebagai Komandan Banser di Riau dan memerintahkan untuk membuat langkah-langkah serta mempersiapkan pasukannya dalam rangka untuk pengamanan acara besok.

“Ketua juga menyampaikan bahwa acara besok harus berjalan dengan aman, tertib dan tidak ada satupun unsur ormas-ormas diluar Banom NU apalagi ada pengerahan preman,” tuturnya.

 

Ulum menegaskan, PW GP Ansor Riau memastikan akan memukul mundur siapapun yang berasal dari luar NU yang berusaha turut campur baik dengan dalih untuk mengamankan atau melakukan pengamanan dan memasuki wilayah Konferwil NU tersebut.

“Kami akan pastikan memukul mundur siapapun mereka yang berusaha mencampuri urusan rumah tangga NU Riau, karena ini adalah acara internal dan acara rumah tangga sendiri, jangan sampai ada unsur-unsur di luar NU ikut campur di dalamnya,” katanya.

 

Menurut Ulum, apa yang dilakukan oleh PW GP Ansor Riau ini sejalan dengan perintah dari pimpinan tertinggi Ansor dan Banser yaitu Gus Yaqut bahwa tugas utama Ansor dan Banser adalah menjaga keselamatan para Kyai.

“Maka kehadiran Ansor dan Banser pada acara Konferwil NU kali ini adalah dalam rangka memastikan keselamatan para Kiyai serta memastikan agar para Kiyai yang ber-konferensi merasa nyaman, merasa aman, tidak terganggu dan tidak diintimidasi oleh pihak manapun,” terangnya.

 

Selanjutnya, sekali lagi Ulum menegaskan bahwa Ansor dan Banser berkomitmen untuk menjaga, mengawal dan memastikan keselamatan para Kiai yang melakukan mengikuti Konferwil NU besok.

“Ini adalah acara NU, rumah tangga NU, sudah seyogyanya jika dikawal dan diamankan oleh Banom-banomnya yang dalam hal ini yang punya tanggung jawab adalah Ansor dan Banser,” tutur Ulum.

Baca Juga :  Songsong Mukhtamar NU, PCNU Se-Provinsi Riau Gelar Konsolidasi

 

“Maka jika ada pengawalan dari luar Banom, PW GP Ansor Riau memastikan akan memukul mundur siapapun yang berasal dari luar yang berusaha mengamankan jalannya konferensi ini, karena ini urusan rumah tangga kita, jangan dicampuri oleh orang dari luar banom-banom NU. Jika ada dilokasi nanti siapapun mereka, mau preman dari manapun yang ikut terlibat dalam acara Konferwil ini maka PW GP Ansor Riau akan memukul mundur mereka,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.