Sarapan Buah Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Tahtanews.com – Menu dan waktu sarapan yang tepat akan membuat tubuh kita tetap fit dalam menjalankan aktivitas seharian. Akan tetapi kebanyakan dari kita sering bahkan malas untuk sarapan. Padahal banyak ahli yang menyarankan kita untuk tidak melupakan sarapan, meskipun bukan dengan makanan berat. Hal yang mudah dan tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak adalah mengkonsumsi buah buahan.

Ya, dengan sarapan buah, kaya nutrisi dan punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah merupakan salah satu makanan yang mudah dicerna oleh tubuh, kaya serat, vitamin dan tentunya menyehatkan. Jika ingin memperoleh nutrisi terbaik dari buah, konsumsilah buah yang sudah matang.

Terlebih lagi, semakin beragam buah yang kamu makan untuk sarapan, maka akan kian banyak antioksidan maupun nutrisi yang akan masuk ke tubuh. Hal tersebut tidak hanya berdampak pada performa tubuh ataupun kesehatan organ, tetapi juga mampu membantu membuat kulitmu glowing dan rambutmu berkilau. Jadi, jangan ragu untuk mulai membiasakan diri sarapan dengan mengonsumsi buah-buahan sehat.

Berikut ini adalah rekomendasi sarapan buah yang bernutrisi berdasarkan manfaatnya:

1. Buah anti peradangan

Jika kamu ingin mengurangi peradangan di sistem pencernaanmu, maka buah nanas bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Hal tersebut dikarenakan buah nanas kaya akan vitamin C dan enzim bromelain. Selain itu, buah berwarna kuning ini juga mampu membantu mengoptimalkan fungsi imun dan memberi stimulasi mencerna protein. Kemudian, kamu juga bisa mengonsumsi blueberry dan cherry yang memiliki antioksidan anthocyanin yang dapat melindungi tubuhmu dari peradangan.

2. Buah untuk mengoptimalkan sistem imun

Kamu ingin menambah kekebalan tubuh? Buah kiwi dan stroberi bisa jadi santapan yang tepat untukmu. Kandungan vitamin C yang tinggi pada kedua buah tersebut dapat mengoptimalkan sistem imunmu dan mempercepat proses pemulihanmu apabila kamu sedang sakit. Bahkan, vitamin C yang terkandung dalam buah stroberi diklaim lebih tinggi dari buah jeruk.

Baca Juga :  SUKA MINUM MADU? INI MANFAAT NYA

3. Buah dengan kandungan antioksidan

Lawan radikal bebas? Tentunya buah dengan kandungan antioksidan adalah nutrisi yang baik untukmu. Buah delima, anggur merah dan buah ara bisa jadi pilihan buah untuk kamu konsumsi. Bukan cuma itu, anggur merah ternyata mengandung zat resveratrol yang bisa membantumu melawan penyakit dan tanda penuaan.

Antioksidan lutein dan zeaxanthin didalamnya juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Ditambah lagi, buah delima diklaim sebagai salah satu buah dengan kandungan antioksidan tertinggi. Sedangkan buah ara, tidak hanya mengandung antioksidan tapi juga mengandung mineral seperti potassium, kalsium, magnesium, zat besi dan tembaga.

4. Buah pembuang racun

Tahukah kamu kalau kamu memiliki racun di dalam tubuhmu? Nah, untuk membuang racun dalam tubuh tersebut, kamu bisa memilih buah sebagai solusinya. Semangka, lemon dan goji berry dengan kandungan air yang melimpah akan membantumu membuang racun dalam tubuhmu.

Semangka merupakan unggulannya, dimana mengandung 92% ai ditambah dengan kandungan likopn, vitamin A, dan vitamin C. Kemudian lemon, tentunya sudah tidak asing bahwa lemon mampu membantu membuang racun. Lebih dari itu, lemon bahkan memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antivirus loh. Sedangkan goji berry mengandung vitamin A, B, C, E dan zat besi serta kolin yang akan menjadi kombinasi sempurna dalam membantu proses detoksifikasi.

5. Buah yang memanjakan kulit

Kamu ingin kulit yang sehat? Kalau begitu, manjakanlah kulitmu dengan mengonsumsi buah penuh nutrisi baik. Pepaya, melon, dan blackberry bisa jadi pilihanmu untuk sarapan. Ketika pepaya yang kaya akan antioksidan mampu membantu produksi kolagen serta enzim papain yang bisa bantu cegah kerusakan kulit.

Kemudian blackberry yang merupakan buah rendah gula, memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C. Semantara melon merupakan buah yang kaya akan betakaroten yang mampu membantu mencerahkan kulitmu dan membuat rambut berkilau.

Baca Juga :  Fast Food Tak Bagus untuk Kesehatan Tubuh

6. Buah sumber energi

Kamu akan menghadapi hari yang panjang dan berat? Kalau begitu, persiapkanlah tubuhmu dengan asupan nutrisi yang tepat. Sarapanlah dengan buah pisang, alpukat atau apel. Sebab, buah-buahan ini bisa menjadi sumber energimu yang akan bertahan sepanjang hari. Misalnya kandungan lemak sehat dalam alpukat yang membuat proses cernanya berlangsung lebih perlahan, kemudian serat dalam apel yang menjaga rasa kenyang bertahan lama serta pisang yang bisa memberi energi dengan cepat.

Itulah tadi rekomendasi buah dengan berbagai manfaatnya yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menu sarapanmu. Ingat, jangan sampai kamu melupakan sarapan ya. Tidak sarapan bukan hanya mempengaruhi performa tubuhmu, tetapi juga mood mu loh. Dan, sarapan buah akan menjadi pilihan yang tepat karena mudah untuk dicerna dan memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh.

Hidup sehat, dimulai dari kebiasaan baik.

Sumber : Yoursay.id