Resimen Mahasiswa Unisi Dibekali Materi Wawasan Kebangsaan Oleh Kodim 0314/Inhil

Indragiri Hilir – 14 mahasiswa baru dari satuan 046 Indra Yudha Universitas Islam Indragiri (UNISI) yang berada dijalan Propinsi parit satu kecamatan Tembilahan Barat mendapatkan pembekalan Wawasan kebangsaan yang sedang melaksanakan orientasi menjadi Resimen Mahasiswa (Menwa) bertempat di Aula Graha Bhakti Makodim 0314/Inhil. Sabtu pagi (16/10/2021).

Untuk memperkuat kecintaan dan kebanggaan kepada tanah air Sesuai dengan undang undang Dasar Tahun 1945 pasal 30 tertulis bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha bela negara,syarat tentang bela negara di atur dalam undang undang jadi Kita harus ikut serta dalam bela negara dari segala macam bentuk AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan) baik yang datang dari luar maupun dari dalam Negeri.

Untuk Membangun disiplin Jiwa patriotisme generasi Muda dan kecintaan kepada Bangsa serta Negara. NKRI adalah Harga mati. Kita perlu bersiap sedia mengawal datangnya AGHT baik datang dari luar maupun dari dalam Negri maka generasi penerus bangsa harus dibekali ilmu- ilmu bela negara untuk menjadikan generasi Muda yang Gemilang.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Letkol Inf Imir Faishal, S.Sos, M.I.Pol. melalui perwira seksi Teritorial (Pasiter) Lettu Inf R. Ginting menyampaikan kegiatan Pada hari ini merupakan upaya kodim 0314/Inhil untuk memberikan Rasa cinta kebangsaan dan bela negara kepada calon mahasiswa satuan 046 Indra Yudha dari UNISI Indragiri Hilir.

“Kodim 0314/Inhil, akan selalu siap memberikan materi pembekalan Wawasan kebangsaan kepada sekolah mahasiswa organisasi untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara sekaligus menjauhkan paham – paham radikalisme dari generasi-generasi penerus bangsa,” ungkap Pasiter.

“Kita. Indonesia menerapkan dan membentuk sikap dasar perilaku bangsa yaitu agama, Pancasila dan pendidikan kewargnegaraan,” sambungnya.

Baca Juga :  Pasar Jum'at (Sejak Tahun 80-an) Di Parit Deli

Ia juga mengatakan, dengan adanya wawasan kebangsaan ini dapat di simpulkan bahwa Cinta tanah air dan merupakan pariotisme sangat berkait erat, sebagai generasi penerus bangsa mari sama mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan, individu, membela, melindungi tanah air dari ancaman dan gangguan.

“Saya mengharapkan kepada mahasiswa sebagai Tonggak untuk membela serta memajukan kabupaten Indragiri Hilir dengan selalu berkarya. Kita mulai dari diri kita, kalau bukan kita siapa lagi kalau bukan sekarang Kapan lagi,” cetusnya.

Dalam kesempatan tersebut Danyon satuan 046 Indra Yudha Universitas Islam Indragiri, Andi Rismawati mengatakan semoga dengan adanya pembekalan dari Pasiter Kodim 0314/INHIL tentang wawasan kebangsaan ini, para calon anggota menwa Universitas Islam Indragiri dapat lebih giat lagi untuk mendalami pengetahuan tentang kebangsaan.

“Iya kami sangat senang atas pembekalan yang diberikan Pasiter Kodim 0314/Inhil, semoga Ilmu yang telah diberikan bisa kami implementasi kan dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.