7 Manfaat Bergabung OSIS

Tahtanews.com – Ingin belajar berorganisasi? Untuk teman teman yang saat ini masih duduk di bangku SMP/SMA, bisa banget bergabung dalam Organisasi Intra Siswa Sekolah (OSIS), lho.

Dikutip dari laman web Kemdikbud, dalam artikel berjudul OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) Melatih Anak SMP Menjadi Seorang Pemimpin, OSIS merupakan wadah bagi peserta didik untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa sesuai dengan visi-misi sekolah.

Enggak hanya belajar mengenai organisasi, ternyata detikers juga bisa mendapat pembentukan jiwa kepemimpinan, lho. Jiwa kepemimpinan dalam generasi muda dinilai penting oleh Direktur Sekolah Menengah Pertama Drs. Mulyatsyah, M.M.. Hal ini dikarenakan generasi muda dengan jiwa kepemimpinan akan mampu menggerakkan kehidupan di sekitarnya untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Namun, ternyata masih banyak hal yang bisa didapat dengan bergabung di OSIS, lho. Seperti dikutip dari laman web BPK Penabur, berikut ini tujuh manfaat yang bisa didapat jika bergabung dalam OSIS.

1. Belajar Organisasi

Dengan bergabung di OSIS, tentu teman teman akan belajar mengenai organisasi. Kamu akan berkenalan dengan struktur organisasi, bagian-bagian atau divisi organisasi, serta belajar beradaptasi untuk bekerja sama dalam tim atau antartim.

2. Menambah Pengalaman

Dengan bergabung dalam OSIS, sudah dapat dipastikan pengalaman teman teman semua akan bertambah, nih. Selain belajar berorganisasi, kamu juga akan belajar manajemen waktu karena harus membagi waktu antara organisasi dan pelajaran di sekolah.

3. Melatih Kedisiplinan

Datang rapat tepat waktu adalah hal paling sederhana dalam OSIS untuk melatih kedisiplinan. Selain itu, dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar semua

program kerja bisa selesai tepat waktu. Dengan begitu, OSIS akan jadi tempat yang tepat nih untuk melatih kedisiplinan.

Baca Juga :  Mengejutkan, Fatin Shidqia Lubis Ternyata Positif Corona

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Keberanian

Memiliki tanggung jawab dan diharuskan berinteraksi dengan rekan kerja akan membantu meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian, lho. Jadi, kalau teman teman ingin mengembangkan kepercayaan diri dan keberanian, bergabung dalam OSIS adalah pilihan tepat.

5. Melatih Tanggung Jawab

Menjadi pengurus OSIS,teman teman pastinya memiliki program kerja sesuai dengan divisi yang dipilih. Nah, menyusun, menjalankan, dan mengevaluasi program kerja merupakan salah satu tanggung jawab yang harus diemban. Selain itu, my friends juga harus bisa mengatasi masalah yang muncul dengan baik dan profesional.

6. Melatih Komunikasi

Dalam berorganisasi tidak mungkin tidak berkomunikasi, kan? Maka dari itu, komunikasi adalah kunci dalam sebuah organisasi. Memiliki rekan kerja dengan ragam latar belakang dan budaya juga bisa membantu meningkatkan kemampuan komunikasi, lho.

7. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Sebagai pengurus OSIS, teman teman memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memimpin anggota OSIS, yaitu seluruh siswa sekolah. Maka dari itu, untuk bisa

mengarahkan dan menggerakkan seluruh anggota OSIS, diperlukan jiwa kepemimpinan yang bisa dipelajari dari latihan dasar kepemimpinan yang diberikan.

Itulah tadi tujuh manfaat yang didapat jika bergabung dalam OSIS.

Sumber: Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.