SUKA MINUM MADU? INI MANFAAT NYA

Madu telah ada sejak ribuan tahun lalu, diketahui manusia telah mengumpulkan madu dan lilin lebah sejak tahun 8000 SM di Turki. Sebuah seni cadas dari tahun 6000 SM di Spanyol memperlihatkan proses memanen madu. Peternakan madu telah ada di Mesir pada 2400 SM.

Selain itu, Mengonsumsi madu secara rutin dapat menjadikan tubuh sehat dan bugar. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang semakin meluas. Kondisi fisik harus tetap sehat dan kekebalan tubuh harus selalu dijaga. Beberapa penelitian pun membuktikan banyaknya manfaat madu yang dapat diperoleh.

Madu terbilang sebuah minuman yang tidak memiliki efek negatif bagi tubuh. Semua yang ada pada nya memiliki manfaat. Maka dari itu, kami rangkum beberapa manfaat madu bagi kesehatan :

1.      Meredakan gejala flu, batuk dan pilek

Sebuah studi menemukan, sejumlah kecil asupan madu membantu anak yang mengalami flu dan pilek batuk lebih jarang dan tidur lebih baik, dibandingkan sirup dan pil alergi terkenal. Tapi jangan memberi madu pada anak di bawah satu tahun karena dapat menyebabkan botulisme.

Rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur untuk melembapkan tenggorokan yang kering sehingga mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan keinginan untuk batuk. Selain itu, berbagai antioksidan pada madu juga bermanfaat untuk meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.

Khasiat madu sebagai obat batuk telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Dari penelitian-penelitian tersebut disimpulkan bahwa madu bisa menjadi obat batuk alami yang tidak kalah dari obat batuk medis yang sering diresepkan dokter untuk orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 2 tahun.

  1. Menangkal radikal bebas

Senyawa fitonutrien dan sejumlah vitamin pada madu merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas berlebih dalam tubuh. Khasiat madu ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas oksidasi.

Baca Juga :  BAHAYA MINUM TEH PANAS BAGI KESEHATAN TUBUH

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kemampuan madu yang satu ini, di antaranya memperkuat sel imun tubuh, mencegah dan meredakan peradangan, mencegah reaksi alergi, serta mencegah diabetes, serangan jantung, hingga kanker.

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa madu juga merupakan prebiotik, sehingga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Sifat madu ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Senyawa fitonutrien pada madu diduga bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa madu dapat menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat madu untuk menyembuhkan luka gores dan luka bakar sudah dipakai sejak zaman mesir kuno. Para peneliti meyakini jika madu memiliki anti-bakteri dan antiinflamasi yang berguna sebagai penyembuh luka.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa madu sangat efektif dalam mempercepat penyembuhan luka. Madu atau produk yang mengandung madu, misalnya beeswax, diketahui dapat membantu menyingkirkan jaringan yang mati, membunuh bakteri yang ada pada luka, dan merangsang pembentukan kulit baru untuk menutup luka.

Jenis-jenis luka yang mungkin bisa disembuhkan oleh manfaat madu adalah luka bakar, lecet, dan luka diabetes. Namun, perlu diingat bahwa madu yang bisa digunakan adalah madu yang terjamin steril.

 

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi madu bagi kesehatan dan masih banyak manfaat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.