Masyarakat Parit 3, Lakukan Sholat Idul Adha Di Surau

TahtaNews.Com.-Datangnya Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, membuat masyarakat yang bertempat tinggal di Dusun Kuala Makmur, (Parit 3) Desa Suak Labu, Kecamatan Kuala Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat). Berantusias menggelar Sholat Idul Adha secara berjama’ah di Surau Nurul Iman, Selasa (20/07/21).

Pelaksanaan Sholat Idul Adha, gelar pagi tadi, sekitar pukul 09.00 WIB. Sebelum sholat dilaksanakan, Imam masjid yaitu Pundi (65), memberitahukan kepada jama’ah tentang tata cara sholat Idul Adha. Lalu Ia menyebutkan, yang akan bertugas pada pelaksanaan Sholat Hari Raya yaitu, Imam oleh Ustdz Yusuf, Bilal Junaidi, Khotib oleh Bahran.

Kemudian, saat sholat Idul Adha berlangsung, Bahran selaku khotib menyampaikan kepada jama’ah bahwa tiada yang lebih kuasa selain kuasa Allah. Karena yang ada pada diri kita sekarang semua nya hanya titipan dari Allah.

“Maka janganlah kita berjalan pada kesombongan hati, karena semua yang ada pada kita bisa saja dengan sekejap saja Allah akan ambil,” ungkap Bahran.

Bahran juga menyampaikan bahwa, peristiwa yang terjadi kepada Nabi Ibrahim yang hendak menyembelih anaknya sebagai bentuk cinta nya kepada Allah yang tak terukur dari hal apapun. Maka hendaklah kita mengaplikasikan dengan kehidupan kita sehari-hari.

Dengan peristiwa tersebut bisa kita ambil hikmah dalam kehidupan kita sehari dalam bermasyarakat,” tandas Bahran.

Yang berprofesi sebagai petani, jadilah petani yang sejati. Begitupun juga dengan nelayan, hamparan laut yang luas sebagai surga kita ambillah dengan sewajarnya. Pedagang jadilah pedagang yang selalu dalam kejujuran. Mahasiswa jadilah mahasiswa yang mencerminkan sebagai layaknya mahasiswa. Serta pelajar jadilah pelajar yang haus akan ilmu dan pengetahuan,” sambungnya.

Pada sela-sela akhir khotbah, Bahran berpesan kepada jama’ah agar selalu punya prinsip kebersamaan. Jangan cuman hanya mementingkan pribadi semata, maupun golongan. Karena kita sama-sama harus berjuang mewujudkan kesejahteraan bagi kita semua agar bahagia dunia maupun akhirat.

Tradisi Masyarakat Parit 3 Suak Labu Setelah Sholat

Lebaran

Setelah melaksanakan Sholat Idul Adha sekitar pukul 11.00 Wib, sebagian jama’ah Parit 3 melakukan kunjungan kerumah rumah warga setempat untuk membaca Tahlil dan Do’a arwah untuk saudara yang sudah tiada.

Tradisi tersebut setiap tahunnya selalu dilakukan oleh warga Parit 3, Desa Suak Labu.