Hari Raya Qurban! Antusias Warga Setelah 40 Tahun.

TahtaNews.Com.-Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, yang identik dengan menyembelih hewan ternak, seperti: Sapi, Kerbau, Domba, Kambing dan lainnya.

Penyembelihan hewan ternak ini selalu dilakukan oleh umat islam. Biasanya, aktifitas penyembelihan hewan Qurban ini sehari setelah Sholat Idul Adha.

Hal ini juga dilakukan oleh warga Dusun Kuala Makmur (Parit 3), Desa Suak Labu, Kecamatan Kuala Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat).

Pada hari Rabu, (21/07/21) Masyarakat Parit 3 sangat antusias menyelenggarakan hewan Qurban di halaman Surau Nurul Iman, berupa 1 ekor Sapi jantan untuk masyarakat sekitar.

Aktifitas pemotongan hewan Qurban mulai pagi tadi, sekitar pukul 09.00 WIB. Turut hadir Kepala Desa Suak Labu beserta perangkat Desa. Lembaga Amil Zakat Optimalisasi Sedekah Zakat dan Infaq (OPSEZI), dan Masyarakat sekitar.

Sebelum acara berlangsung, Anak anak mengawali dengan pembacaan sholawat dan hadroh. Setelah itu, pembacaan Do’a selamat oleh Sutrisno merupakan tokoh Agama. Sekitar pukul 15.00 WIB, daging sapi tersebut untuk masyarakat setempat.

Sekitar 58 rumah kebagian daging sapi tersebut, dengan berat timbangan 500 ons, setiap 1 rumah.

Warga mengaku, tahun ini merupakan tahun pertama kalinya kampung ini menyelenggarakan hewan Qurban. Salah satu tokoh masyarakat Parit 3, membenarkan akan hal ini yaitu Nasir (40).

Nasir mengatakan, setelah 40 tahun lamanya baru kali ini, mengadakan penyembelihan hewan Kurban. Makanya masyarakat sangat berantusias dengan kegiatan ini.

Kemudian, Ia menambahkan sangking antusias nya warga Parit 3, persiapan ini mulai dari malam tadi, untuk membuat segala persiapan pada pagi hari sampai acara berlangsung.

Setelah 40 Tahun Tidak Menyelenggarakan Qurban, Kepala Desa Suak Labu Bekerja Sama Dengan OPSEZIHari Raya

Penyerahan hewan Qurban ini, dari Lembaga Amil Zakat Optialisasi Sedekah Zakat dan Infaq (OPSEZI) bekerja sama kepada Kepala Desa Suak Labu.

Baca Juga :  Peduli pada Rakyat, Kodim 0314/Inhil Berbagi

Muanmar, selaku Kepala Dusun mengatakan bahwa, beberapa kali perwakilan Lembaga OPSEZI datang ke Kantor Desa untuk Hari Raya Idul Adha serta langsung survei melihat kondisi masyarakat Parit 3.

” Beberapa kali sih mereka datang ke Kantor Desa berkoordinasi bersama Pak Kades Suak Labu, untuk kegiatan yang berlangsung hari ini,” ungkap Muanmar.

Muanmar juga mengatakan, yang tertera dalam baleho tersebut, tercantum nama-nama warga yang ber Qurban, dan bukan asli domisili sini.

“Nama yang tercantum dalam baleho tersebut merupakan orang jambi,” ungkap Muanmar.