Longsor Di Parit Deli, Warga Putuskan Untuk Pindah

Longsor

TahtaNews.Com.Abrasi (longsor) tanah, yang menimpa warga Rt 01 Kelurahan Betara Kiri (Parit Deli) Kecamatan Kuala Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat).

Lonsor terjadi beberapa waktu lalu, yaitu tepatnya pada hari senin 29/06/21, siang pukul 14.00 wib. Mengisahkan pilu yang belum terobati hingga sekarang bagi warga Parit Deli.

Sebab, longsor yang menghabiskan 11 rumah warga lenyap terkena timbunan tanah tersebut membuat warga hanya pasrah akan kejadian tersebut.

Menurut pengakuan korban longsor, salah satunya Hadi (35). Ia mengatakan, setelah beberapa hari kejadian tersebut, mereka yang terkena lonsor memutuskan untuk pindah lokasi bermukim. Karena menurutnya, sudah tidak efektif lagi untuk membangun rumah kembali pada lokasi yang terkena longsor itu. Minggu, 04/07/21.

”11 rumah yang terkena lonsor kemarin termasuk rumah saya, setelah kejadian mengenaskan itu, kami memutuskan untuk membangun ulang rumah kami kira-kira 100 meter dari lokasi kejadian tersebut,” ungkap Hadi.

Hadi menyebutkan, bahwa dari 11 rumah yang tertimbun lonsor, rumah dia yang paling panjang tertimbun tanah.

”panjang rumah saya di perkirakan 22 Meter, tinggal 7 meter yang tersisa, sebagian lenyap tertimbun tanah,”kata Hadi.

“Ya mau gimana lagi, ini semua sudah bagian dari rencana Tuhan, kita hanya bisa pasrah. Padahal baru 6 bulan rumah saya ini dibangun,” sambung Hadi.

Ia menambahkan, sekaligus berterimakasih karena bantuan dari berbagai instansi yang tekait. Berupa sembako, uang dan lain sebagainya.

”Setelah satu jam kejadian, bapak wakil bupati bersama yang lainnya datang untuk menjenguk sekaligus memberi bantuan kepada kami,” kata Hadi.

Kemudian Hadi juga berterimakasih kepada Polres dan Pengusaha kuala tungkal Bos Joni. Karena telah memberikan uang tunai untuk menukarkan dengan sebidang tanah untuk pembangunan rumah kami yang terkena longsor.

“Kami sangat berterimakasih kepada polres dan bos joni, masing-masing dari kami dapat jatah tanah 5 meter luas, dan panjang sekitar 25 meter, untuk pembangunan rumah kami,”ujar Hadi.

Fenomena Saat Longsor Terjadi.

Hadi mengatakan, sekitar 30 menit kejadian longsor tersebut berlangsung, saat itu ia bersama keluarga tengah istirahat tidur siang, bergegas keluar rumah karena dapur rumah abis tertimbun lonsor.

”Seumur-umur, baru kali ini terjadi ditempat kami, apalagi pada saat itu tetangga di sini pada pergi kelaut, jd pas kejadian itu sangat cemas,” ungkap Hadi.