Idul Adha Sebentar Lagi, Peternak Kambing Naikkan Harga!

TahtaNews.Com.-Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar bagi umat muslim  setelah hari raya Idul Fitri. Umat muslim menyebut hari lebaran Idul Adha yaitu hari raya Qurban. Karena hari raya Qurban tersimpan sejarah tentang pengorbanan manusia terhadap sang pencipta.

Yang menjadi maksud tersendiri dari Hari Raya Qurban itu ialah. Umat muslim mempersembahkan hewan ternak seperti sapi, kerbau, domba, kambing dan lain sebagainya. Untuk di sembelih pada tepat 10 djulhijjah, sebagai bentuk nilai ketakwaan kepada Tuhan.

Dengan menyambut momentum hari besar bagi umat muslim. Tentu ini menjadi kesempatan emas bagi peternak-peternak hewan lokal yang ada terkhusus pada wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat).

Hari Raya Idul Adha Peluang Bisnis Peternak Kambing Lokal

Salah satu peluang yang diambil oleh peternak kambing Riski (40)  bertempat simpang kayu are, Desa Pembengis, Kecamatan Bramitam Kabupaten Tanjab Barat.

Jum’at (02/07/21), Riski mengatakan bahwa karena tinggal beberapa hari lagi mememasuki Lebaran Idul Adha. Oleh karena itu harga kambing yang saya ternak ini naik beberapa persen. Yang tadinya hanya berkisar 2 juta Rupiah, menjadi 3 Juta rupiah.

“ Memang sudah lumrah ini terjadi, jika masuk hari-hari besar bagi peternak kambing untuk memainkan harga karena kebutuhan masyarakat untuk merayakan momen lebaran  maka harga pasaran juga meningkat” ujar Riski.

Ia menambahkan, bahwa kambing yang ia ternak tersisa berjumlah 23 ekor. Itupun sudah beberapa warga tempah untuk lebaran mendatang, mulai dari kisaran 1,7 juta rupiah sampai dengan 4 juta rupiah.

“ Kalau mengenai harga kambing jantan 2 kali lipat harga betina nya, misalnya harga kambing betina berharga 1 juta, maka harga kambing jantan bisa mencapai harga 2 juta rupiah” tandas Riski.

Baca Juga :  Raja Salman Tegaskan Dukungan Untuk Rakyat Palestina

Riski juga menyampaikan, bahwa kambing-kambing yang ia ternak ini di ambil dari daerah Provinsi Lampung. Kira-kira jika kambing tersebut tinggal beberapa ekor maka ia segera untuk mengambil ke agen ternak Lampung.

“ saya orang nya juga bisa liat-liat, dari calon pembeli dalam menaruh harga, kira kira calon pembeli itu sangat membutuhkan, maka saya bisa saja menjual dengan harga murah, ya itung-itung sedekah dengan yang sangat membutuhkan,” kata Riski.

Kemudian, ia juga berharap dengan perayaan Hari Raya Qurban yang akan datang, semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena Covid-19 sempat beberapa kali terkonfirmasi masuk ke dalam zona merah untuk wilayah Tanjab Barat.