Rocky Gerung : Perang Israel Palestina Bukan Konflik Agama

Tahtanews.com – Pengamat politik Rocky Gerung angkat bicara mengenai perang Israel dan Palestina. Pada kanal youtube Rocky Gerung Official yang di unggah Senin (17/5/2021), Rocky mengatakan bahwa perang Israel dan Palestina bukan soal agama, karena tidak semua Yahudi didunia mendukung tindakan Israel tersebut.

“Dalam banyak serangan Israel pada Palestina, Yahudi Amerika itu justru pawai untuk menentang serangan itu. Bahkan  beberapa sutradara dan artis eropa membikin opera untuk membela Palestina.” Ujar Rocky Gerung dalam Youtube Forum News Network (FNN).

Selain itu Rocky juga mengatakan bahwa orang Yahudi juga membela Palestina, karena mereka melihat perang tersebut bukan perang agama, namun betul-betul ini adalah agresi, dan itu yang seharusnya untuk kita pahami.

Rocky juga menyebutkan bahwa berbeda pemerintah, juga berbeda cara untuk melihat problem. Kita mesti tahu bahwa setiap kekuasaan selalu ingin memamerkan kejagoannya, dan itu yang terjadi sekarang di Israel. Perang yang terjadi di Israel dan Palestina ini lebih merujuk pada konflik tanah atau perebutan wilayah.

Kekeliruan melihat konflik Israel dan Palestina ini juga terjadi pada masyarakat Indonesia. Sehingga kini menyebar menjadi isu konflik agama Islam dengan Yahudi. Jelas ini sangat berbeda dengan faktanya, karena yang terjadi pada konflik Israel dan Palestina adalah perang politik perebutan wilayah.

Karena jika Islam memang perang dengan Yahudi, maka seluruh Yahudi dunia tidak akan membela Palestina dan akan berpihak kepada Israel. Dan juga beberapa pendeta Yahudi menginginkan soal Masjid Al-Aqsa itu memang haknya Palestina, sebagai bagian dari tiga agama besar yang pernah ada dulu.

Indonesia mesti dalam kemarahan, namun juga mesti berupaya menyodorkan problem ini sebagai problem kemanusiaan.

Sangat kita pahami bahwa masyarakat Indonesia sangat berpihak pada Palestina. Hal ini juga sesuai dengan amanat konstitusi negara kita, bahwa kita harus membela mereka yang terjajah. “Karena penjajahan itu melanggar hak asasi, dan Israel itu telah menjajah Palestina bertahun-tahun,” tegas Rocky Gerung.

baca juga : (Raja Salman Tegaskan Dukungan Untuk Rakyat Palestina)